HaiiHaii...semuanya....

Jumat, 14 Januari 2011

Geografi : Apa Itu Garis Wallace?

Pertama-tama saya menulis ttg ini karena sebuah pertanyaan tmand sya kpda guru bimbel sya ttg wacana ini. Sebenarnya sya dulu punya catatan Garis Wallace waktu SD dalam Komik Sains Kuark menjelang Olimpiade Sains Kuark 2010. Tp komik nya udah ditelan api sma ibu sya (dibakar) krna katanya gak bkalan dipake lg. Pdahal sya msih mau menyimpannya. Tp, mau gmna lgi?? Okay..Chek It Out..Let See


Garis Wallace adalah sebuah garis hipotesis yang memisahkan wilayah geografi fauna Asia dan Austarliasia (Australia by Asia). Bagian barat garis ini berhubungan dengan spesies Asia (Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali), sedangkan bagian timur berhubungan dengan spesies Australia (Sulawesi, Lombok(bukan cabe yah.. :), Maluku, dan Papua). Penemu Garis Wallace adalah Alfred Russel Wallace pada abad ke-19 (wew xO). Adanya garis ini juga tercatat oleh Antonio Pigafetta yang menemukan perbedaan biologis antara Filipina dan Kepulauan Maluku. Garis ini lalu diperbaiki dan digeser ke timur (Daratan Pulau Sulawesi) oleh Weber. Garis ini lalu dinamakan Wallace-Weber (horee...akhirnya damai mereka xP).


                                                        Red Line = Garis Wallace-Weber


Penyebab terjadinya Garis Wallace-Weber

Kebanyakan tmand di sekolah plus bimbel bilangg aku pinter geografi (bukan sokk yah). Seseorang tmand ku pernah nanya ke guru bimbel ku "Pak, kenapa sih orang Papua itu warna kulitnya berbeda dari warna kulit orang Indonesia?? Pdahal wilayah mereka secara geografi bersebelahan di negara kita. Kok malah berbeda warna kulitnya??". Sejak itulah aku ingat pelajaran Olimpiade. Sebenarnya Garis Wallace-Weber ada kaitannya ttg pertanyaan tmand ku ini. Let See..



Penyebab terjadinya Garis Wallace-Weber adalah es di kutub yang mencair. Ini menyebabkan meluapnya volume sungai dan laut di Indonesia. Akhirnya terjadilah berpisahnya pulau di Indonesia yang dulu seperti ini :



Sekarang lihat Kepulauan Indonesia (silahkan dilihat tp jangan diintip..hehe). Kalian bisa lihat Pulau Sumatera ternyata dulu menyatu dengan Benua Asia, Pulau Jawa, Kalimantan dan Bali. Sedangkan Pulau Sulawesi, Maluku, dan Pulau Lombok tetap di posisi mereka masing-masing. Coba kalian perhatikan Kepulauan Papua. Ternyata dulu Kepulauan Papua menyatu dengan Benua Australia. Bandingkan dengan wilayah Indonesia sekarang!! Berbeda kan??

Penyebab Kepulauan Indonesia terpisah-pisah karena kenaikan suhu di kutub, yang menyebabkan terjadinya kenaikan volume sungai dan laut di seluruh dunia termasuk Indonesia. Akhirnya jadi seperti sekarang.


Untuk menjawab pertanyaan tmand sya, adalah jawaban yg sperti di atas. Australia rata-rata mempunyai penduduk warna kulit hitam. Karena kenaikan volume air laut Papua akhirnya pisah dengan Australia. Oleh karena itu sampai sekarang suku Aborigin Australia ada di Papua.


Rikaa Hardianti

















                                             

1 komentar:

  1. wishh! keren :) tetep bagi bagi informasi yaa tentang geografi

    BalasHapus